Inilah Daftar Makanan Kolesterol Tinggi

Advertisement

Kolesterol adalah lemak yang terdapat di dalam aliran darah atau sel tubuh. Fungsi utama dari kolesterol tersebut adalah sebagai bahan baku pembentukan hormon dan juga pembentukan dinding sel. Pada umumnya ada beberapa jenis kolesterol yang ada di dalam tubuh yaitu kolesterol baik (HDL) dan kolesterol jahat (LDL).

Oleh karena itu, jika kadar kolesterol dalam tubuh seseorang berlebihan, hal ini dapat menyebabkan beberapa masalah kesehatan salah satunya yaitu penyakit jantung koroner.

Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan kadar kolesterol tinggi, yaitu faktor keturunan, obesitas (kelebihan berat badan), jarang berolahraga dan juga faktor makanan. Jika Anda sudah memiliki riwayat kolesterol sebelumnya, sebaiknya Anda menghindari berbagai macam makanan yang mengandung kolesterol tinggi. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah daftar makanan kolesterol tinggi.

Jenis makanan kolesterol tinggi

1. Kuning telur

Makanan kolesterol tinggi yang pertama adalah kuning telur. Meskipun begitu bukan berarti Anda tidak boleh mengonsumsi telur, hanya saja jika Anda sudah mengonsumsi telur pada pagi hari sebiknya hindarilah makanan berkolesterol tinggi lainnya pada siang dan malamnya. Pada ukuran normal, sebuah kuning telur mengandung 213 mg kolesterol.

2. Udang


Makanan yang kedua adalah udang. Udang merupakan salah satu makanan laut atau seafood yang memiliki rasa yang enak. Maka jangan heran jika Anda berada di warung seafood udang merupakan salah satu makanan yang paling sering dipesan. Akan tetapi sebaiknya Anda menghindari makanan yang satu ini, terlebih jika Anda sudah memiliki riwayat kolesterol. Dalam 200 gram udang, mengandung 195 mg kolesterol atau setara dengan 65% AKG.

3. Kerang

Sama halnya dengan udang, kerang juga merupakan salah satu makanan laut yang sangat nikmat. Makanan yang satu ini dapat Anda makan dengan cara direbus, digoreng, dipanggang, dikukus hingga dikonsumsi dalam keadaan mentah. Namun jangan sampai Anda berlebihan dalam mengonsumsinya. Hal ini karena dalam 100 gram kerang mengandung 105 mg kolesterol (35% AKG).

4. Keju


Makanan kolesterol tinggi selanjutnya adalah keju. Keju merupakan salah satu produk susu yang kaya akan protein dan kalsium yang baik. Selain itu, keju juga dapat Anda gunakan sebagai bahan penambah citarasa masakan. Dalam 100 gram, keju mengandung kolesterol sekitar 123 mg (41% AKG).

5. Mentega



Mentega merupakan salah satu bahan yang digunakan sebagai campuran untuk membuat makanan seperti nastar, kue, biskuit, roti dan lainnya. kolesterol yang terkandung dalam satu sendok mentega yaitu 30 mg (10% AKG) sedangkan dalam 100 gram mentega mengandung kolesterol sebesar 215 mg (72% AKG).

Nah itulah beberapa makanan kolesterol tinggi yang perlu Anda hindari. Selain itu ada juga makanan kolesterol tinggi lainnya seperti minyak ikan, lobster, jeroan, makanan cepat saji, ayam goreng serta daging olahan.

Baca Juga Cara Cepat Menurunkan Kolesterol Secara Alami


Artikel Lainnya

0 komentar

@KangdeBar Instagram

Like Facebook Page

Twitter